Kamis, 01 September 2016

Perkembangan dan Kemajuan Teknologi

iptek
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di Indonesia berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun, IPTEK di Indonesia sudah melekat sejak jaman kolonial Belanda. Saat ini kemajuan teknologi membawa dampak yang begitu baik untuk mengakses informasi-informasi yang sangat berguna.
Pada masa pemerintahan kolonial Belanda IPTEK masih belum begitu maksimal. Pemerintah Belanda selalu berusaha untuk menghalangi akses-akses ilmu pengetahuan dan teknologi masuk di Indonesia, oleh karena itu bangsa Indonesia sangat minim ilmu pengetahuan dan teknologi pada jaman tersebut. Faktor-faktor yang menyebabkan ketertinggalan bangsa Indonesia terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi, Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan IPTEK, pemerintah Belanda dan perusahaan-perusahaan yang berada di indonesia untuk melakukan alih teknologi, minimnya industrialisasi, dan kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri.
Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pasca kemerdekaan dibagi menjadi dua bagian. Tahap pertama pada tahun 1945-1960 bangsa Indonesia sudah mulai mengerti arti akan teknologi produksi, tetapi masih pasif dan ketergantungan akan pihak luar negeri. Tahan kedua dimulai pada tahun 1976 ditandai dengan berdiri pabrik pesawat di Bandung yang diberi nama industri pesawat terbang NUR TANIO (IPTN) dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari tahun-tahun sebelumnya.
Kemajuan IPTEK memiliki berbagai manfaat, diantara lainnya adalah :
1.Limbah ternak untuk pupuk (kompos)
2.Sampah dimanfaatkan menjadi gas bio yang berguna untuk keperluan memasak, penerangan, dan tenaga gerak.
3.Dengan detoksifikasi surya yaitu sistim pengolahan air yang terkontaminasi dengan memanfaatkan panas matahari/ultraviolet sehingga menghasilkan air yang bersih.
4.Dalam bidang komunikasi (radio,TV, telephone, handphone, internet) sehingga penggunaan waktu lebih efisien dan cepat mendapatkan informasi.

sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Perkembangan_Teknologi_Komunikasi_di_Masyarakat_Indonesia

1 komentar:

  1. PROMO CASHBACK BANK ONLINE INDOKARTU

    Untuk anda yang Menginkan Deposit dengan tambahan bonus yang besar dengan bank tertentu bisa hubungi kami di Indokartu.
    karna kami menyediakan beberapa bonus yang tidak bisa anda lewatkan. Seperti :
    - PROMO CASHBACK BANK ONLINE
    - BONUS MINGGUAN 0.5% DARI INDOKARTU
    - BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU
    Join bersama kami dan menangkan semua bonusnya di :
    WA : 081333366766
    atau langsung di Livechat kami www(titik)indokartu(titik)biz

    Indokartu.biz

    PERMAINAN JUDI POKER ONLINE

    BalasHapus