Kamis, 01 September 2016

Kota Malang

malang
Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur,Indonesia. Kota Malang juga merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang terkenal sebagai salah satu kota pariwisata dan pendidikan. Kota Malang juga biasa disebut sebagai "Kota Bunga" karena dinilai sangat indah dan cantik dengan banyak pohon-pohon dan bunga yang berkembang dan tumbuh dengan indah dan asri.

BUDAYA :
topeng
Salah satu budaya yang terkenal di kota Malang adalah budaya Topeng Malangan, tepatnya terletak di Pakisaji Kabupaten Malang. Keberadaan topeng dikenal sejak zaman kerajaan tertua di Jawa timur yaitu kerajaan Gajayana (760 Masehi) yang berlokasi di sekitar Kota Malang. Topeng Malangan berbeda dengan lainnya dikarenakan coraknya khas dari pahatan kayu yang lebih realis serta menggambarkan karakter wajah seseorang. Pada saat ini budaya Topeng Malangan sudah dapat dinikmati dalam bentuk drama, ada yang menceritakan tentang sosial dan cerita humor.

MAKANAN :
Orem-Orem-Malang-600x400
Makanan khas di kota Malang salah satunya yaitu Orem-orem, makanan ini memiliki nama yang cukup aneh tetapi wajib untuk mencobanya karena rasanya yang begitu nikmat dan lezat. Orem-Orem mempunyai komposisi irisan ketupat dan daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Orem-orem lebih identik dengan rasanya yang pedas dan biasanya ditambahkan tempe atau mendol sebagai pelengkap.

CIRI KHAS :
boso
Kota Malang terkenal juga dengan ciri khas yaitu bahasa yang dibolak-balik, karena mayoritas orang Malang yang begitu nyentrik dengan keras,lugas,pantang menyerah,dan bangga sebagai bagian dari arek Malang (AREMA). Bahasa ini sudah dikenal dari jaman perang digunakan sebagai kode untuk mengelabuhi musuh dengan bahasa ini, dengan begitu bahasa ini sudah melekat dengan karakter orang Malang. Bahasa balikan Malang sangat unik karena tidak asal membolak-balik kata dengan seenaknya. terdapat gabungan antara bahasa Indonesia,Jawa,Arab,Madura dan Cina. Dengan begitu bahasa ini sangat unik dan khas Malang.

sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar